Freshmen Enrichment Program (Binus University)

FEP adalah program bagi mahasiswa baru yang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru pada lingkungan Binus University serta mengajarkan soft-skill serta hard-skill. FEP dibagi menjadi tiga bagian, yaitu General Orientation selama seminggu, Academic Orientation selama sekitar dua minggu, serta Campus Life Orientation selama satu semester. Selama FEP, mahasiswa didampingi oleh Buddy Coordinator, yaitu mahasiswa di atas semester satu yang telah melewati seleksi untuk bisa mendampingi para mahasiswa baru (buddy).

General Orientation

Hari pertama kami mendapat briefing dari para Buddy Coordinator tentang kegiatan kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama General Orientation. Di General Orientation ada beberapa sesi.

Binusian Way

Pada sesi ini, Bapak Andreas Chang menjelaskan tentang visi dan misi Binus, serta tantangan Binusian 2019 ke depan. Binusian dituntut untuk mempunyai Global Employability and Enterpreneurial Skills, sehingga mampu menjawab tantangan di masa depan. Global EES ini meliputi perencanaan dan perorganisasian yang baik, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, self management, kerjasama, komunikasi, inisiatif, dan enterprise.

Binusian Journey

Pada sesi ini, kami dijelaskan mengenai perjalanan yang akan Binusian jalani dari awal masuk kuliah hingga saat lulus nanti.

Perkuliahan, Ujian dan Registrasi

Pada sesi ini, kami dijelaskan secara teknis mengenai perkuliahan. Termasuk di dalamnya tata cara mengikuti ujian, syarat – syarat mengikuti ujian, dll.

Sukses Kuliah dan Tata Tertib Kampus

Pada sesi ini, kami dijelaskan tentang sukses di perkuliahan. Mahasiswa dituntut untuk tidak hanya memiliki hardskill, namun juga softskill. Tantangan ke depan yang semakin berat, membuat dua skill ini sangat penting. Selain itu, kami dijelaskan tentang tata tertib kampus.

Binus Maya

Portal Binus Maya sangat penting bagi mahasiswa Binus. Kami dijelaskan tentang apa saja yang ada di Binus Maya dan bagaimana memanfaatkan Binus Maya untuk membantu perkuliahan seperti untuk melihat jadwal kuliah, mengunduh materi, dll.

Bunga Rampai

Organisasi – organisasi yang ada di Binus menampilkan produk, ataupun atraksi yang bertujuan menarik para mahasiswa baru untuk bergabung.

EXPO

Organisasi – organisasi di Binus mengadakan pameran, sekaligus membuka pendaftaran bagi para mahasiswa baru yang berminta untuk bergabung.

Kebersamaan

Acara ini dimulai dengan menyanyikan mars Bina Nusantara, dan mars Binusian. Selanjutnya, seluruh kelas DBN menampilkan yel – yel mereka, termasuk kelas kami yang telah berlatih yel – yel selama beberapa hari. Ada pula menyanyikan Jingle Binusian 2019 serta penampilan yel – yel dari para Buddy Coordinator.

Organization Skill

Pada acara Bunga Rampai telah dipromosikan berbagai kegiatan mahasiswa. Diharapkan para mahasiswa dapat mengikuti beberapa organisasi serta aktif di dalamnya. Saya sendiri mengikuti organisasi Teach For Indonesia atau yang biasa disingkat TFI. TFI mempunyai acara rutin, salah satunya mengadakan bimbingan belajar bagi anak – anak SD hingga SMP.

Mengikuti organisasi membutuhkan skill. Skill berorganisasi antara lain manajemen waktu, kepemimpinan, komunikasi, .dll. Dengan mengikuti organisasi kita dapat belajar untuk mendapatkan beberapa skill tersebut.

Untuk jurusan Teknik Informatika sendiri, memiliki himpunan, yaitu Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika atau disingkat HIMTI. Untuk aktif dalam HIMTI, anggota HIMTI dapat mengikuti Seleksi Penerimaan Aktivis HIMTI (SPAH).

Academic Orientation

Orientasi akademik dimulai tanggal 7 September 2015. Orientasi ini bertujuan untuk mengenalkan materi akademik pada mahasiswa

Introduction to Algorithm

Pada mata kuliah ini, kami diajarkan tentang algoritma. Algoritma adalah urutan proses yang digunakan untuk menghasilkan output yang sesuai dengan input yang diberikan. Kami juga diajarkan tentang pseudocode dan juga flowchart yang berguna untuk pemrograman nantinya.

Reading, Writing, Mind Map and Presentation Skills

Skill untuk membaca, menulis, dan berpresentasi sangatlah penting, apalagi di dunia kerja nanti. Maka dari itu, kami diberikan tips dan trik bagaimana membaca cepat, menulis dengan efektif, serta cara berpresentasi yang baik. Selain itu, ada pula mind map, yang berguna untuk memudahkan mahasiswa dalam belajar.

Introduction to Information Technology

Mata kuliah ini mengenalkan teknologi informasi secara umum. Gadget, internet, dll dibahas secara lebih lanjut di topik ini.

Kurikulum

Sesi kurikulum memaparkan tentang apa saja yang akan kami pelajari selama 4 tahun ini sebagai mahasiswa Teknik Informatika.

Support Centers for Your Success

Kami diperkenalkan pada macam – macam unit yang ada di Binus University, antara lain : Library & Knowledge Center, Student Service Center, Student Advisory Center, International Office, Quality Management Center, IT Division, Binus Entrepreneurship Center, dan Binus Career Center. Unit – unit ini yang akan membantu mahasiswa baik selama menjalani perkuliahan maupun setelah lulus nanti.

Academic Advisory

Kami diperkenalkan kepada dosen yang akan membimbing kami hingga lulus nanti. Kami dapat bertanya kepada pembimbing akademik mengenai kendala yang dialami saat perkuliahan.

HIMTI Togetherness and Top Performances (HIMTI)

Acara HIMTI dibuka dengan penampilan finalis HIMTI Got Talent dan sambutan – sambutan dari pengurus HIMTI dan pengurus School of Computer Science. Acara dilanjutkan dengan penampilan dari HIMTI band dan games.

Setelah istirahat, acara dilanjutkan dengan talkshow dengan narasumber Kak Laksamana dan Kak Thiovan, alumnus Binus yang sekarang menjadi technopreneur. Technopreneur adalah pengusaha yang menggunakan teknologi sebagai inti dari bisnis. Kak Laksamana mempunyai perusahaan Elven Digital yang bergerak di bidang Digital Marketing. Sedangkan Kak Thiovan, sudah malang – melintang di dunia technopreneur. Sekarang Kak Thiovan sedang memulai situs Bahaso, yang bertujuan untuk mengenalkan bahasa asing kepada masyarakat, terutama masyarakat Indonesia. Mereka mengatakan bahwa manajemen waktu sangat penting, terutama jika memulai bisnis saat sedang kuliah. Agar beban tidak terlalu berat, mereka menyarankan untuk bekerja dalam tim, sehingga dapat membagi – bagi beban pekerjaan.

Ada pula visualisasi, drama tentang kehidupan mahasiswa Teknik Informatika di semester satu. Dalam visualisasi diceritakan bagaimana beberapa mahasiswa yang mengikuti SPAH di HIMTI, dan mereka berhasil lolos. Mereka dipercaya untuk mengadakan HIMTI Expo and Competition. Karena perbedaan pendapat, pemimpin mereka memutuskan untuk meninggalkan persiapan event tersebut. Namun, pada akhirnya, pemimpin mereka meminta maaf dan bersedia melanjutkan persiapan event HEXION tersebut.

Setelah visualisasi, HIMTI mengundang guest star Rianti Duke untuk membawakan beberapa buah lagu. Ada pula penampilan DJ Angello yang membawakan music – music elektronik. Acara HTTP ditutup dengan pembagian hadiah dari kompetisi foto, serta doorprize.

 

Dengan rangkaian acara – acara FEP di atas, para mahasiswa diharapkan bisa lebih siap dalam menghadapi masa perkuliahan serta tantangan global di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *